Kisah Muhammad Toha, pendiri KPD Pantura Sejahtera

Muhammad Toha, 50 tahun, adalah salah satu tokoh kuat yang berdiri di belakang keberhasilan program pengendalian kusta di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Selama lebih dari 15 tahun, Muhammad Toha mengelola program Kusta di Puskesmas Brondong, Kabupaten Lamongan.

Pada tahun 1997, beliau mendirikan Kelompok Perawatan Diri (KPD) Pantura Sejahtera. Dengan gayanya yang low profile, ia aktif mencari kasus baru dengan mengunjungi desa, berbicara dengan pasien, keluarga dan tokoh masyarakat tentang kusta. Ia juga melibatkan bidan di desa untuk menemukan kasus baru dan melakukan pencegahan.

Pada tahun 2014, dengan dukungan tim program SPP: Strengthening Participation of Person Affected by Leprosy (penguatan partisipasi orang yang terkena dampak kusta), Muhammad Toha mendukung KPD Pantura Sejahtera menjadi Kelompok Swabantu (Self Help Group). Setelah bergabung dengan program SPP ia tetap melakukan kampanye ke masyarakat desa secara teratur dalam kelompok yang lebih kecil. Kelompok ini sekarang menjadi salah satu contoh / model kelompok swabantu kusta di kabupaten Lamongan.

Setelah bergabung dengan tim program SPP, beliau memiliki lebih banyak teman dan kolega untuk berbagi dan bekerjasama. Hal ini membuat hidupnya menjadi lebih mudah, khususnya dalam mengelola progam pengendalian kusta.

“Sebagai tim program SPP, saya tidak sendirian lagi untuk berkampanye ke desa-desa. Bahkan ada orang yang terkena kusta juga pergi ke lapangan bersama saya, ” tutur Toha tentang aktivitasnya di desa. “Sekarang saya bisa melakukan tugas lain yang diberikan oleh puskesmas tanpa khawatir akan pelaksanaan pada program kusta” tambah Toha.

Muhammad Toha berharap program SPP tetap berlanjut di Kabupaten Lamongan karena efektif mencegah penularan kusta.