Kisah Inspirasi

NLR Indonesia

Kisah Inspirasi

Jadilah perubahan bersama kami

image

“Awalnya saya tidak tahu apa itu kusta. Saya pun baru tahu terkena kusta saat usia 17 tahun di puskesmas. Saya pun mencari informasi tentang kusta dan baru tahu bahwa penyakit ini menular dan dapat menyebabkan disabilitas bila ditemukan terlambat,” kata Dasuki yang berprofesi sebagai penjual karpet dan makanan di Subang.

image

Pak Satri berusia 71 tahun. Penuh senyum dan bicaranya lantang. Bapak yang pernah mengalami kusta ini tinggal di Subang. Sewaktu kami bertamu ke rumahnya di Maret 2021, pak Satri sedang mengalami luka di bagian kaki yang pernah terkena kusta.

image

Mengapa Desa Sahabat Kusta? Berarti pernah tidak bersahabat? Memang demikian. Sebelum tahun 2012, di Desa Rap Rap, Kabupaten Minahasa Utara, mereka yang terkena kusta mengalami stigma dan penyingkiran. Jika tertular kusta di usia sekolah, maka anak tidak bisa bersekolah. Jika tertular kusta dan punya usaha dagang, banyak orang menghindar. Bahkan jika berobat ke puskesmas, mereka sering alami perlakuan “khusus”.

image

Yamaha Bulukumba sama seperti showroom Yamaha di kota lain, yang selain melayani penjualan, mereka juga menyediakan jasa servis di bengkelnya. Sejak Desember 2020 lalu, selama 1 bulan bengkel Yamaha Bulukumba menerima pemagang dengan disabilitas, Muh. Danial, seorang disabilitas daksa

003343
Users Today : 33
Users Yesterday : 76
This Month : 1805
This Year : 3343
Total Users : 3343
Views Today : 115
Total views : 9555
Who's Online : 1